Nyatanya, anda telah tidak asing lagi dengan jahe. Betul, bahan rempah satu ini memanglah populer dengan rasanya yang pedas serta bermacam khasiat yang tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Jahe tidak cuma dipakai untuk melezatkan rasa makanan, namun dapat juga dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh serta mengusir masuk angin.

Biasanya, jahe merah ataupun jahe biasa memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda. Jahe mengandung mineral serta vit yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah vit A, B1, B3, serta vit C, besi, fosfor, serta kalsium. Walaupun mempunyai kandungan yang hampir sama, nyatanya jahe merah serta jahe putih memiliki perbedaan dalam bagian khasiatnya. Jahe merah lebih dominan akan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat jahe merah

Kandungan pada jahe merah sangat banyak, semacam gingerol, flavonoid, antibakteri, antiperadangan, serta yang lainnya, yang diyakini bisa berikan manfaat positif pada kesehatan. Selanjutnya sebagian manfaat jahe merah yang perlu anda ketahui di antara lain:

1. Menghindari permasalahan pencernaan

Ekstrak minyak jahe merah bisa mencegah sistem pencernaan anda dari kuman, sehingga menghindarkan anda dari permasalahan pencernaan, semacam sakit perut. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam jahe bisa melawan kuman jahat, semacam Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan juga Staphylococcus aureus.

Apabila ditambahkan dalam menu makanan, jahe bisa dipakai sebagai pengawet yang alami serta bisa menghindarkan anda dari keracunan akibat banyaknya kuman. Tidak cuma itu, kehangatan yang diberikan oleh jahe pula bisa meredakan pencernaan anda. Kehangatan tersebut juga banyak digunakan untuk menanggulangi flu serta pilek.

2. Mengurangi nyeri sendi

Para peneliti mengungkapkan bahwa bermacam kandungan dalam jahe bisa berperan sebagai antiperadangan alhasil bisa membantu anda dalam melawan peradangan kronis. Sebagian bagian aktif dalam jahe yang bisa merendahkan leukotrien serta portaglandin yang mengakibatkan peradangan di antara lain gingerol, gingerdione, serta zingeron.

3. Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat jahe merah dapat dipakai untuk menanggulangi masalah intim pria. Suatu riset yang telah dilakukan oleh para periset dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mengungkapkan kalau minyak atsiri jahe merah mempunyai dampak afrodisiak.

Afrodisiak sendiri ialah zat kimia yang dipakai untuk memicu energi intim dengan metode meningkatkan dan melancarkan perputaran gerakan darah dalam tubuh. Bila perputaran darah bertambah, hingga mungkin gerakan darah di wilayah kelamin pula bertambah.

Itu mulanya manfaat jahe merah yang butuh anda tahu supaya tubuh terus menjadi sehat serta bugar. Tidak hanya jahe merah ada banyak rempah yang lain yang berguna untuk kesehatan tubuh.