Salah satu luka yang penanganannya harus intensif dan tuntas adalah luka bakar. Kalau salah memilih obat seperti salep untuk luka bakar, maka dampaknya adalah ketika sudah kering dan sembuh akan meninggalkan bekas di permukaan kulit.

 

Saat ini, banyak beredar salep yang katanya bisa menyembuhkan luka di area kulit akibat terbakar. Namun, akan lebih baik kalau Anda memilih jenis alami yang tentunya memiliki efek samping lebih sedikit dan aman untuk dipakai siapa saja.

 

3 Salep untuk Luka Bakar

Mungkin dari segi durasi sembuhnya, menggunakan bahan alami akan membutuhkan waktu sembuh lebih lama. Tapi, tidak ada salahnya bersabar daripada bagian tubuh lain menjadi korban akibat zat kimia yang mungkin saja berbahaya dalam sebuah salep luka. Lantas apa saja salep alami yang bisa digunakan?

 

  • Madu

Madu sudah dikenal sebagai salah satu obat alami untuk berbagai macam penyakit, sekaligus menjadi vitamin dengan segudang kandungan bermanfaat. Tapi, kalau Anda memilih mengobati luka bakar dengan madu maka pastikan untuk memilih madu asli.

 

Madu dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka lebih cepat, melalui kandungan anti radang di dalamnya dilengkapi antioksidan yang kemudian akan bekerjasama membuat luka cepat kering.

 

Oleskan saja madu di permukaan kulit yang luka. Kemudian biarkan sampai meresap. Lakukan cara tersebut sampai luka sembuh. Durasi pemakaian, bisa disesuaikan dengan luasnya area luka dan tingkat parah dari luka tersebut.

 

  • Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya sebagai salep untuk luka bakar, ternyata sudah melalui penelitian dari University of Miami Miller School of Medicine. Dimana ditemukan fakta bahwa gel atau daging tumbuhan tersebut memiliki kandungan aktif untuk mempercepat keringnya luka sekaligus merangsang sel kulit baru untuk tumbuh.

 

Cara pakainya juga sangat mudah, Anda tinggal mengupas kulit luar lidah buaya, lalu ambil gel di bagian dalamnya dan oleskan di area luka.

 

  • Air Dingin

Sama halnya dengan penyembuh luka terbentur yang menyebabkan bengkak di area tubuh, air dingin juga bisa dijadikan salep alami mengurangi efek luka bakar. Cara menggunakannya, cukup masukkan batu kes ke dalam kantung es yang tertutup.

 

Lalu letakkan di atas permukaan kulit yang mengalami luka bakar, maksimal selama 15 menit saja. Fungsinya adalah, untuk meminimalisir rasa panas dan perih akibat luka sekaligus mempercepat keringnya luka.

 

3 Bahan yang Sebaiknya Dihindari Sebagai Salep Luka Bakar

Sejak lama, ada beberapa bahan alami yang katanya bisa meminimalisir dampak luka bakar. Padahal ternyata akan memberikan efek samping tidak baik bagi kulit dan tubuh. Pertama adalah pasta gigi, yang bisa menjadi penyebab iritasi pada kulit.

 

Kemudian berbagai jenis minyak, mulai dari minyak goreng, zaitun, atau kelapa. Dimana pemakaiannya akan membuat area luka lebih lama sembuh. Terakhir adalah mentega atau margarin yang justru bisa memicu infeksi karena kandungannya yang tidak pas untuk mengatasi luka bakar.

 

Tidak selamanya obat salep kimia yang dijual bebas di apotik bisa menjadi solusi salep untuk luka bakar. Lebih baik pakai versi alami, bahannya mudah ditemukan dan mudah pula digunakan. Jika Anda butuh informasi lebih lengkap, bisa cek artikel obat yang memberikan banyak referensi obat alami lainnya.