Software pembukuan usaha saat ini mempunyai peranan yang sangat penting loh bagi berjalannya sebuah usaha. Mengingat perkembangan dunia digital sekarang yang semakin bergerak cepat dan berbasis internet. Sehingga pembukuan yang dilakukan secara tradisional atau manual sudah tidak lagi memenuhi kualifikasi. Dimana kita mempertimbangkan waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk melakukannya begitu besar dan kurang efisien.

Jika kita berbicara pembukuan usaha yang dilakukan secara tradisional. Maka kita bisa mengatakan bahwa prosesnya tentu lama dan hasil laporannya masih memungkinkan untuk terjadinya kesalahan yang bisa berakibat pada kolapsnya sebuah usaha.

Dengan perkembangan teknologi yang mendukung dan hadirnya software pembukuan usaha tentunya membawa angina segar bagi tim pengolah keuangan atau akuntan sebuah perusahaan atau bidang usaha lain. Sehingga penggunaannya patut kita pertimbangkan secara matang dan harapannya bisa membuat usaha semakin berkembang dan asset semakin banyak.

Nah pada uraian berikut ini kita akan mencoba mengulas berbagai tips yang bisa kamu jalankan ketika memilih software pembukuan usaha yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips-Tips Memilih Software Pembukuan Usaha Kekinian

Penggunaan software pembukuan usaha memang membutuhkan biaya yang harus kamu pikirkan matang-matang bersama tim kerjamu. Namun sebenarnya penggunaan software pembukuan ini sangat memberikan banyak keuntungan sehingga worth it jika kamu harus mengeluarkan biaya yang terbilang besar.

Namun sebelum kamu akhirnya memutuskan untuk beralih dari konvensional ke teknologi berbasis internet untuk mengolah data keuangan usahamu. Ada baiknya kamu memahami tips berikut ini, sehingga penggunaan software pembukuan usaha bisa lebih maksimal nantinya.

  • Pertama, fitur yang ada di software pembukuan harus sesuai kebutuhan usaha

Nah yang pertama saat kamu akan menggunakan software pembukuan harus kamu kenali terlebih dahulu kebutuhan pengolahan keuangan perusahaan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi biaya yang akan kamu keluarkan nantinya.

Setelah kamu tahu kebutuhan perusahaan seperti apa, kamu bisa lanjut dengan menelusuri berbagai fitur yang ditawarkan oleh software  pembukuan usaha tersebut. Karena saat ini sudah banyak dan beragam fitur yang berkembang diantaranya ada laporan yang mengelola hutang dan piutang perusahaan, kemudian laporan kas masuk dan keluar, laporan kondisi laba dan rugi, dan berbagai laporan lainnya yang diperlukan perusahaan.

Nah fitur tersebutlah yang membuat harga aplikasi mahal, oleh karena itu penting untuk kamu mengenali kebutuhan perusahaan terlebih dahulu. Karena semakin banyak fitur yang aktif maka harga software tersebut juga semakin mahal.

  • Mudah dioperasikan bahkan oleh akuntan ataupun bukan akuntan

Sebuah software pembukuan usaha yang bagus bisa dinilai dari kemudahan dalam penggunaannya. Karena tentunya berbeda software akan berbeda pula tampilan yang akan tersaji di depanmu. Utamakan software yang simpel, kemudian mudah untuk kamu pahami sistem pengerjaannya, dan tidak menyulitkan akuntan. Karena pada dasarnya software ini tercipta untuk meringankan tugas para akuntan perusahaan.

  • Mempunyai fitur backup data keuangan yang canggih

Selanjutnya software pembukuan yang akan kamu gunakan harus menyediakan fitur backup secara komplit. Sehingga pastikan fitur import dan export data ada yaa sebelum membelinya. Hal ini juga berfungsi untuk meminimalisir resiko apabila terjadi kesalahan pada sistem software pembukuan yang kamu gunakan atau ada bug yang mengganggu kerja sistem. Sehingga langkah terbaik adalah selalu melakukan backup atau pastikan penyedia software juga mampu melakukan backup secara benar.

  • Bisa memberikan jaminan keamanan data keuangan perusahaan

Software pembukuan usaha yang professional tentunya menawarkan keamanan data keuangan tingkat tinggi. Sehingga yang harus kamu lakukan adalah membaca review dari customer yang telah menggunakan software ini, kemudian menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan data, dan dapatkan bukti jika software ini aman dari kemungkinan adanya pembobolan tak terduga.

  • Pastikan kamu memilih dengan benar antara software pembukuan online atau offline

Software yang beredar sekarang ini mempunyai basis online dan offline. Dimana jika online maka akses kan jauh lebih mudah. Karena kamu bisa mengaksesnya darimana saja atau kapan saja data tersebut kamu butuhkan.

Sedangkan jika kamu memilih software offline, maka proses penginputan data harus kamu lakukan dari komputer pusat yang telah mempunyai software ini. Online atau offline harus kamu putuskan secara bijak agar penggunaannya software ini bisa lebih maksimal.

Itulah tadi tips yang bisa kami berikan sebelum kamu memutuskan software pembukuan usaha mana yang akan kamu gunakan. Karena ini berhubungan dengan masa depan dan berbagai keputusan perusahaan di masa yang akan datang, maka lakukan pengambilan keputusan secara bijak. Dan pastikan anggaran dana yang kamu keluarkan sebanding dengan manfaat yang kamu peroleh.