Mengajarkan anak kewajiban sholat tentu sangatlah penting untuk dilakukan orang tua. Bahkan tak hanya sholat wajib, anak juga harus diperkenalkan dengan berbagai jenis sholat sunnah. Mulai dari sholat dhuha, sholat hajat, sholat tahajud, dan lain sebagainya. Sedini mungkin ajak anak untuk menjalankan ibadah sholat sunnah selain mewajibkan anak menjalankan ibadah sholat fardhu.

Tips Membiasakan Sholat Sunnah

Mungkin akan lebih mudah untuk membiasakan anak dalam mengerjakan ibadah sholat fardhu. Namanya saja kewajiban, maka akan jauh lebih mudah untuk memberikan pengertian kepada si kecil. Namun sebenarnya ibadah sunnah juga penting untuk dibiasakan. Berikut ini adalah 5 tips efektif yang bisa dilakukan untuk membuat anak terbiasa menjalankan ibadah sholat sunnah:

1.Berikan Pengertian

Pertama, berikan pengertian dulu kepada anak kenapa ia perlu melakukan sholat sunnah. Tunjukkan kepada si kecil apa saja manfaat dari menjalankan ibadah sholat tersebut. Misalnya, katakan kepada si kecil bahwa sholat sunnah bisa mempercepat doa dikabulkan dan menambah pahala. Jika diberikan pengertian dengan baik maka anak juga biasanya akan mau mengerjakan ibadah tersebut secara rutin.

2.Langsung Tunjukkan Contoh

Jangan terlalu banyak memberikan pengertian namun langsung tunjukkan contoh kepada anak. Jika orang tua ingin anaknya mengerjakan ibadah sholat sunnah maka orang tua harus melakukannya terlebih dahulu. Tunjukkan di depan si kecil kebiasaan sholat sunnah yang Anda lakukan. Misalnya, Anda konsisten melakukan sholat hajat dan sholat dhuha maka si kecil akan melihatnya sebagai rutinitas juga.

3.Ingatkan Anak

Sebagai orang tua memang sudah seharusnya mengingatkan anak-anaknya untuk beribadah. Apalagi jika anak-anak masih kecil dan belum punya kesadaran sendiri untuk menjalankan ibadah sholat. Namun jangan pernah memaksakan anak untuk menjalankan sholat dengan perlakuan yang kasar. Ingatkan mereka dengan cara yang halus agar mudah diterima dan tidak menyebabkan trauma.

4.Buat Jadwal Kegiatan Anak

Cobalah membuat jadwal kegiatan bagi si kecil. Jadwal sebagai rutinitas ini sangatlah penting untuk membentuk kebiasaan baik bagi anak. Dalam jadwal rutin tersebut, sisipkan ibadah sholat sunnah di dalamnya. Anak akan belajar banyak dari rutinitas yang ia lakukan. Secara otomatis mereka juga akan melakukan hal-hal yang sudah tertulis di jadwal tanpa harus dipaksa.

5.Berikan Reward

Jangan lupa berikan reward kepada anak jika mereka mau menjalankan sholat wajib dan sunnah dengan baik. Reward ini tidak harus dalam bentuk yang besar dan mahal harganya. Anda bisa memberikan pujian, mengajak si kecil jalan-jalan, dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya.

 

Itulah tadi 5 tips mengajarkan si kecil untuk menjalankan sholat sunnah. Termasuk sholat hajat, sholat tahajud, sholat dhuha, dan lain sebagainya. Kebiasaan yang baik sejak kecil pasti akan terus dibawa sampai ia tumbuh dewasa. Temukan berbagai informasi menarik lainnya mengenai Parenting Islami hanya di Orami.