Gaji merupakan faktor utama yang perlu kita pertimbangkan ketika bekerja disebuah perusahaan. Tapi ternyata bukan hanya gaji yang penting untuk kita pertimbangkan loh, sekarang ada asuransi dari perusahaan yang harus kamu dapatkan. Karena sudah diatur Undang-Undang No. 40 Tahun 2004, dimana setiap karyawan atau buruh yang bekerja di sebuah perusahaan memperoleh jaminan kesehatan, kematian, hari tua. Dengan jalan mengikutsertakan karyawan perusahaan di BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Bagi perusahaan dan karyawan yang belum tau manfaat asuransi kesehatan mari kita bahas lebih lanjut. Karena dengan begitu kita lebih aware terkait peusahaan yang akan kita masuki.

Beberapa Manfaat Asuransi Bagi Karyawan

Adapun berikut ini manfaat asuransi karyawan baik itu bagi perusahaan dan juga bagi para karyawan yang bekerja disana :

  • Bisa meningkatkan loyalitas karyawan

Adanya fasilitas perusahaan berupa asuransi menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan karena bisa meningkatkan loyalitas karyawan. Jika karyawan sudah mendapatkan gaji besar, fasilitas asuransi, prospek karir yang bagus, lingkungan kerja yang nyaman tentu akan membuat karyawan berpikir ulang untuk pindah perusahaan. Karena belum tentu karyawan tersebut bisa mendapatkan fasilitas yang sama di perusahaan yang berbeda.

Dengan alasan tersebut tentu perusahaan akan diuntungkan karena mereka tidak perlu pusing untuk mencari karyawan baru untuk mengisi posisi tertentu.

  • Karyawan bisa lebih termotivasi dan lebih produktif

Adanya asuransi bisa membuat karyawan termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi. Karyawan pun bisa menjadi lebih fokus terhadap job desk yang mereka punya. Karena mereka tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan berobat yang biayanya tinggi. Selain itu produktivitas mereka pun menjadi lebih stabil dan akhirnya promosi posisipun lebih cepat mereka dapatkan.

  • Perusahaan mempunyai citra yang bagus

Dengan fasilitas asuransi tentu citra perusahaan pun menjadi lebih bagus. Karena semua karyawan juga akan dengan bangga mengenalkan perusahaan tempat mereka bekerja dengan segudang fasilitas yang ada. Apalagi kalau lingkungan kerjanya juga mendukung tentu citra perusahaan juga akan semakin bagus.

  • Reputasi perusahaan menjadi bagus

Adanya asuransi dan fasilitas perusahaan lainnya juga bisa membuat rating perusahaan di mata pencari kerja menjadi meningkat. Selain itu client yang akan bekerja sama dengan perusahaan juga menjadi tidak ragu dengan performa karyawannya dan kesejahteraan yang mereka dapatkan. Disamping client masyarakat pun akhirnya mempunyai pandangan yang positif terkait perusahaan tersebut.

  • Anggaran perusahaan bisa terkelola dengan mudah

Adanya asuransi juga membuat anggaran perusahaan terkelola dengan baik. Kenapa? Karena mereka tidak perlu pusing dengan tanggungan biaya kesehatan karyawan. Mereka hanya perlu menyediakan anggaran untuk asuransi karyawannya, kemudian biarkan perusahaan yang mengatur pengelolaan dananya. Dari mulai biaya administrasi perlindungan kesehatan, kecelakaan, perlindungan jiwa dan lain sebagainya.

Apa Asuransi yang Dibutuhkan Oleh Karyawan?

Ada banyak jenis asuransi yang bisa kamu berikan pada karyawan. Dari sekian banyak asuransi, asuransi kumpulan adalah yang terbaik. Asuransi kumpulan merupakan asuransi yang bisa diperuntukkan untuk memberikan perlindungan bagi beberapa orang dalam satu kelompok. Misalnya anggota koperasi, karyawan di sebuah perusahaan, dan lain sebagainya. Untuk pembayaran preminya juga setiap orang sama tidak bergantung usia maupun kondisi kesehatan dari karyawan.

Asuransi kumpulan juga ada bermacam-macam diantaranya asuransi kesehatan kumpulan, asuransi jiwa kumpulan, asuransi kecelakaan diri kumpulan, dan sebagainya. Namun  pilihan tergantung pada perusahaan yaa, perusahaan harus mempertimbangkan mana asuransi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat.

Itulah tadi beberapa manfaat asuransi karyawan yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan maupun pencari kerja itu sendiri. Mengingat biaya kesehatan sekarang mahal, maka dengan adanya asuransi kamu bisa menurunkan tingkat kekhawatiranmu akan biaya kesehatan sewaktu-waktu.