Apakah anda pernah berpikir untuk memasang sendiri secara mandiri instalasi pipa air kamar mandi? Baca artikel ini dan dapatky solusi terbaik untuk instalasi pipa rumah tangga. Karena dibawa ini akan dijabarkan tak langkah-langkah untuk memasang instalasi pipa kamar mandi secara simpel dan sederhana.

Cara ini tentu patut Anda ikuti ketika tidak ingin menggunakan tenaga tukang pipa untuk menghemat budget. Bisa dilakukan sendiri namun Anda membutuhkan beberapa peralatan untuk pertukangan pipa.

Cara Simpel Pasang Instalasi Pipa Sendiri

 

  • Tahap pemasangan, di tahapan ini adalah proses instalasi pipa air Anda harus menentukan terlebih dahulu posisi bak mandi jamban hingga memungkinkan adanya wastafel di kamar mandi. setelah ini adalah proses pembuatan lubang di lantai agar bisa disambungkan ke pipa. Berikan tanda-tanda yang penting untuk memudahkan pemotongan dan melubangi bagian-bagian kamar mandi. Setelah itu lakukan pemotongan dan pelubangan. Anda harus mematikan terlebih dahulu keran air di pusatnya sebelum melakukan instalasi pemasangan.

 

  • Pemasangan saluran air kamar mandi, untuk kamar mandi rumah tangga pada umumnya biasanya hanya terdapat 5 saluran air. Dua pasang saluran air untuk air panas dan air dingin pada bak mandi dan wastafel. Lalu sisanya untuk saluran air dingin pada jamban. Anda sebaiknya memasang pipa yang fleksibel untuk saluran air dingin dan air panas agar mudah dikonversikan ke bak mandi dan wastafel. Instalasi pipa air harus menggunakan kertas pasir agar pipa tembaga bisa dihaluskan. pipa tembaga juga harus dipatri agar lebih kuat untuk saluran air pusat.

 

  • Pemasangan saluran pembuangan, pada tahap ini adalah instalasi untuk pemasangan saluran pipa air Saluran pembuangan di sini adalah difungsikan untuk jamban. Membutuhkan pipa 3 atau 4 inci. Pasang pipa saluran dengan posisi menurun. Sementara untuk saluran pipa wastafel bisa menggunakan pipa ukuran 1,5 inci. Lalu untuk bak mandi Anda bisa menggunakan pipa dengan ukuran 2 inchi.

 

  • Pemasangan jamban, pada proses ini terdapat dua bagian zaman yaitu tangki air dan dudukan. Menyambungkan flange kloset ke pipa pembuangan kloset. Bagian flange ini dilem pada posisi yang tepat lurus. Jangan lupa untuk menempelkan dan memasang baut dengan dudukan kloset dan flange. Pasang tangki air dan juga mur lalu Tahap terakhir yaitu pendempulan bagian dasar kloset agar semakin kuat.

 

  • Pemasangan wastafel, pada tahap ini anda pertama sekali harus memasang kaki wastafel terlebih dahulu. Lalu tandai bagian-bagian posisi baut di lantai dan buat lubang hingga menembus kaki wastafel. Pemasangan kaki ini bisa memanfaatkan mur dan baut. setelah itu proses selanjutnya yaitu menyambungkan wastafel dan saluran air panas dan dingin. Pasang tiga bagian keran stopper dan lubang pembuangan.

 

Nah itu tadi instalasi pemasangan pipa air untuk kamar mandi rumah tangga terutama untuk kamar mandi baru ataupun yang baru saja direnovasi. Cara diatas tentu saja bisa dilakukan bagi Anda yang memang menginginkan pengerjaan instalasi pipa air secara mandiri. Namun jika tidak mampu melakukannya sendiri Bisa langsung memanggil tukang pipa profesional.

Bagi yang sedang mencari produk perpipaan bisa membelinya dari merk Rucika bisa di toko bangunan maupun langsung diwebsitenya www.rucika.co.id. Rucika adalah solusi produk perpipaan untuk instalasi pipa rumah tangga dan juga industri. Untuk harga dari pipa merk ini juga masih cukup terjangkau dan menariknya produknya bisa ditemukan di mana saja.