GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan kondisi yang juga dikenal dengan asam lambung. Jenis ini membuat asam lambung naik hingga ke tenggorokan, sehingga membuat rasa tidak nyaman bahkan terasa sampai ke mulut. Apabila mengalami hal ini biasanya juga disertai dengan heartburn atau rasa panas pada bagian dada. Sehingga akan mengalami rasa nyeri dada dan juga berbagai gejala lainnya.

Adapun untuk berbagai gejala gerd yang dapat dirasakan adalah:
  1. Gejala pertama adalah akan mengalami susah menelan. Hal tersebut disebabkan karena tenggorokan merasa tidak nyaman. Selain itu juga bisa mengalami begah dan perut tidak enak sehingga akan lebih susah untuk makan ketika sedang kambuh.
  2. Terjadi regurgitasi makanan atau cairan asam yang juga akan membuat mulut terasa asam.
  3. Akan mengalami rasa benjolan yang ada di tenggorokan sehingga mempunyai rasa seperti mencekat.
  4. Akan mengalami batuk kronis dan juga radang tenggorokan.
  5. Bisa menyebabkan penyakit asma, atau bisa memperparah asma yang dipunyai.
  6. Bisa mengalami gangguan tidur.

Apabila muncul gejala gerd seperti di atas sebaiknya segera langsung diatasi dengan baik. Seperti dengan melakukan langkah pencegahan hingga pemeriksaan ke dokter. Sehingga langkah tersebut juga akan membantu untuk mengurangi gejala yang akan muncul ketika mengalami gerd. Dengan melakukan pemeriksaan dan penanggulangan juga akan bermanfaat karena dapat mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Sebaliknya, apabila Anda mengabaikan tanda dan gejala yang dirasakan maka bisa membuat kondisi gerd menjadi lebih parah. Terutama apabila melakukan kebiasaan yang dapat memperparah kondisi gerd yang merupakan hal yang sering dilakukan sehari-hari. Sehingga apabila tetap melakukan berbagai hal berikut ini maka akan bisa membuat kondisi gejala gerd menjadi lebih parah dan dapat berbahaya:

Merokok dan mengkonsumsi alkohol

Apabila mengalami gerd secara terus menerus maka akan membuat iritasi yang bisa terjadi pada tenggorokan. Hal tersebut juga akan membuat masalah kesehatan dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Apabila gejala asam lambung naik yang tidak disadari atau bahkan diabaikan, maka akan membuat kondisi menjadi parah. Bahkan hal tersebut juga akan diperparah bagi yang masih mempunyai kebiasaan tidak sehat yang juga dapat membuat masalah pada tenggorokan yaitu merokok. Dua kebiasaan yang tidak sehat dan mempunyai efek untuk kesehatan seperti gerd adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Sehingga untuk dapat membuat kondisi gerd menjadi lebih parah, sebaiknya batasi atau hilangkan dua kebiasaan yang tidak sehat ini.

Makan terlalu banyak

Hal selanjutnya yang bisa membuat gerd menjadi lebih parah adalah apabila mempunyai cara makan yang tidak benar. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sewajarnya dan jangan berlebihan. Apabila Anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan membuat berat badan tidak terkontrol dan mengalami obesitas. Kondisi kesehatan tersebut merupakan penyebab yang dapat memicu gerd. Selain itu juga apabila tidur setelah makan juga bisa meningkatkan resiko mengalami gerd. Sehingga sangat disarankan untuk tidak berbaring dan tidak tidur 3-5 jam setelah makan.

Mengkonsumsi makanan pedas

Penyebab terakhir yang bisa membuat gejala apabila mengalami gerd menjadi lebih parah adalah mengkonsumsi makanan pedas. Makanan yang mempunyai cita rasa pedas memang terlihat lebih nikmat dan membuat selera makan naik. Akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membuat lambung mengalami masalah dan meningkatkan resiko gerd. Oleh karena itulah hindarilah makanan yang pedas secara berlebihan. Sama halnya dengan makanan yang digoreng, kafein, junk food, dan soda.