Bau miss V yang normal bukannya wangi seperti bunga yang ada di taman. Kalau itu yang kamu pikirkan berarti kamu salah besar, miss V yang sehat tidak berbau harum tetapi tidak juga berbau busuk. Nah bau miss V pada dasarnya bisa berubah, menyesuaikan dengan siklus menstruasi yang kamu alami dan gaya hidup yang kamu punya.

Miss V mempunyai aroma atau bau yang khas dan setiap wanita mempunyai bau yang berbeda-beda. Bahkan bau miss V bisa berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi. Apalagi kalau kamu juga sedang hamil, mengonsumsi makanan yang berpengaruh pada miss V, habis melakukan hubungan seksual dengan pasangan dan berolahraga.

Apabila perubahan bau pada miss V tidak dibarengi dengan berbagai keluhan lain, misalnya gatal dan perih, maka tandanya vagina kamu masih dalam keadaan normal dan sehat.

Mengenal Bau Miss V yang Normal

Tahukah kamu bau miss V yang normal bergantung dari tingkat keasaman atau pH vagina? Karena pada miss V terdapat berbagai jenis bakteri baik yang hidup, Dimana fungsi dari bakteri baik ini adalah untuk melindungi organ kewanitaan dari berbagai mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. Contohnya jamur, bakteri jahat, parasite dan sebagainya.

Sehingga ketika keasaman dari vagina terganggu, maka vagina akan lebih mudah terinfeksi oleh mikroorganisme tersebut.

Nah berikut ini beberapa fakta tentang bau miss V yang normal dan sehat, yang mana harus kamu pastikan begitulah bau dari miss V kamu:

  • Cenderung Asam

Normalnya bau miss V memang agak asam, atau bisa digambarkan seperti bau makanan yang telah mengalami proses fermentasi. Layaknya yogurt, cuka, atau tape. Tapi bisa juga banyak sedikit amis layaknya ikan segar.

Di kondisi normal, vagina mempunyai pH kisaran 3,8-4,5. Bau ini disebabkan hidupnya bakteri Lactobacilli. Yang mana fungsinya adalah menjaga keasaman vagina dan mencegah adanya pertumbuhan mikroorganisme jahat. Seperti jamur dan parasite yang nantinya menyebabkan vagina bermasalah.

  • Tercium sedikit manis atau pahit

Kamu bisa menyamakan bau ini seperti bau tebu atau air jahe. Miss V yang berbau ini artinya pH vagina kamu sedang mengalami perubahan tetapi masih ada di batas normal. Namun bau ini bisa juga karena kamu sedang menggunakan produk pembersih kewanitaan yang mengandung aroma tertentu.

  • Berbau layaknya logam

Miss V yang berbau logam biasanya kamu alami jika sedang menstruasi. Karena saat menstruasi darah yang kamu keluarkan mengandung zat besi sehingga wajar apabila berbau seperti logam.

Tetapi, jika miss V mengeluarkan bau logam di luar jadwal menstruasimu maka bisa jadi miss V sedang lecet atau mengalami luka kecil yang disebabkan penetrasi penis saat hubungan intim.

  • Mengeluarkan bau seperti bau badan

Apabila kamu sedang stres biasanya miss V akan mengeluarkan bau seperti bau badan. Hal ini disebabkan, ketika stres kelenjar keringat yang ada di area intim dan bagian tubuh lain akan lebih aktif. Sebenarnya, keringat tersebut tidak berbau tetapi karena bercampur dengan bakteri yang ada di vagina maka menimbulkan bau.

Disamping stres, miss V yang aromanya seperti bau badan bisa kamu alami sesaat setelah kamu beraktivitas seperti olahraga maupun bersih-bersih rumah.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri bau miss V yang normal dan sehat, biasanya aroma ini akan disertai dengan keputihan yang bening, kental, tidak lengket, tidak nyeri dan gatal. Apabila kamu mempunyai miss V yang berbau amis dan mengeluarkan keputihan berwarna maka bisa jadi miss V sedang mengalami infeksi dan harus segera diatasi.

Cara menjaga bau miss V agar tetap normal sebenarnya cukup mudah. Cobalah bersihkan dengan air hangat, gunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat. Kamu juga harus sering ganti celana tertutama jika basah karena keringat atau setelah berenang. Selain itu rutinlah mengganti pembalut saat menstruasi dan kamu tidak perlu menggunakan sabun atau produk pembersih vagina. Produk pembersih vagina bisa membunuh bakteri baik dan memicu iritasi. Yuk waspada lebih awal tentang kesehatan miss V, karena dengan begitu kamu bisa aktivitas lebih nyaman.