Siapa yang tak kenal genset? Betul, genset adalah sebuah alat yang memberikan sumber energi listrik cadangan ketika sedang terjadi mati lampu. Mau itu genset cummins, genset COP, atau genset diesel, yang penting ialah peralatan tersebut bisa memberikan energi cadangan saat Anda membutuhkannya.

Alat Genset dan Fungsinya

Apakah Anda tahu jika genset adalah singkatan dari kata generator set? Itu karena penemu yang pertama kali menemukan mesin genset yakni seorang ilmuwan dari Inggris bernama Michael Faraday.

Genset berfungsi sebagai alat pembangkit listrik cadangan yang menggunakan energi gerak atau kinetik. Komponen mesin penggerak dalam genset bekerja dengan cara memutar kumparan rotor yang terbuat dari tembaga sehingga tercipta medan magnet yang kemudian berinteraksi dengan kumparan statis. Interaksi antara komponen-komponen tersebut lalu menghasilkan arus listrik, inilah sumber energi listrik yang genset hasilkan. G

enset memiliki dua fungsi, yaitu menjaga kegiatan masyarakat agar tetap berlangsung saat arus listrik dari PLN padam, dan memberikan listrik cadangan bagi acara-acara yang memerlukan energi listrik tambahan.

Jenis-Jenis Sumber Energi Listrik

Nah, setelah Anda belajar sedikit tentang genset dan cara memakainya, apakah Anda tahu tentang dari mana energi listrik itu berasal? Jika Anda penasaran, silakan baca penjelasan berikut ini.

1. Batu Bara

Dari sekian banyak sumber energi listrik yang ada di muka bumi, batu bara ialah yang paling populer. Batu bara ini ialah batu-batu tambang berwarna hitam yang manusia peroleh dari dalam bumi. Mereka memiliki sejumlah kandungan mineral yang dapat diolah menjadi energi listrik melalui proses pembakaran untuk menghasilkan uap.

2. Minyak Bumi

Setelah batu bara, ada pula minyak bumi mentah. Ini juga hasil tambang bumi, meskipun dia lebih banyak ditemukan di dasar laut. Minyak bumi ini sama-sama mudah terbakar, dan pengolahannya kemudian berubah menjadi minyak-minyak seperti avtur, solar, bensin pertamax atau pertalite, juga minyak curah untuk genset.

3. Sinar Matahari

Inilah salah satu sumber energi yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan panel-panel surya / Solar Panels, cahaya matahari bisa kita panen demi menciptakan energi listrik yang tidak mencemari bumi. Panel surya tersebut mempunyai komponen-komponen dan baterai yang sanggup menyerap dan menyimpan sinar matahari hingga 5 Megawatt per panel.

4. Angin

Jika Anda pernah berwisata ke negara-negara di Eropa, Anda akan melihat banyak kincir angin modern yang menyuplai listrik di negara tersebut. Ya, kincir angin modern menggunakan teknologi yang mirip dengan panel surya untuk menangkap energi dari angin yang berhembus. Jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh satu kincir angin bisa mencapai 10 Megawatt.

Demikianlah artikel ini membahas tentang penggunaan genset dan sumber energi listrik. Semoga wawasan keilmuan modern Anda semakin bertambah, ya!