Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan dana ketika menjalankan bisnis, salah satunya yaitu dengan melakukan crowdfunding atau penggalangan dana. Jenis penggalangan dana ini terbagi lagi menjadi beberapa hal yaitu penggalangan dana yang berbasis ekuitas. Sistem ini memang sangat bermanfaat, namun bagaimanakah cara mengetahui situs dengan ekuitas yang aman?

 

1. Situs Tersebut Telah Memperoleh Izin OJK

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih perusahaan yang menyediakan equity crowdfunding yaitu mengenai kejelasan status situs tersebut. Penting untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut sudah legal atau belum sebab perusahaan yang legal tentu mampu menawarkan keuntungan yang banyak namun juga disertai dengan keamanan tingkat tinggi agar Anda tidak rugi.

Biasanya, situs yang terpercaya sudah memiliki izin OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Apabila perusahaan tersebut sudah terdapat ke dalam lembaga hukum itu, maka sudah bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut termasuk ke dalam jajaran perusahaan penyedia penggalangan dana yang aman dan bisa dipercaya dengan sepenuhnya.

Hal itu karena OJK memiliki aturan khusus yang sangat ketat sehingga tidak semua perusahaan mampu memperoleh validasi dari lembaga tersebut. Karena itulah, perusahaan yang menyediakan penggalangan dana berbasis ekuitas yang legal dan resmi tentu mampu mematuhi regulasi dan memiliki integritas tinggi.

 

2. Memiliki Reputasi yang Baik

Selanjutnya, perusahaan tersebut tentu harus memiliki reputasi yang baik di kalangan para pebisnis ataupun klien yang sebelumnya menggunakan jasa mereka. Umumnya, para klien tersebut akan menuliskan mengenai kelebihan dan kekurangan yang mereka dapatkan setelah menggunakan perusahaan penyedia penggalangan dana tersebut.

Salah satu situs yang memiliki reputasi baik bisa Anda lihat di halaman amartha.com. Sudah banyak mantan klien yang menuliskan mengenai keuntungan yang mereka dapatkan dari perusahaan tersebut beserta alasan mengapa banyak orang harus menggunakan jasa perusahaan itu.

Tidak hanya dari situsnya saja, namun Anda juga bisa meminta pendapat dari rekan sesama pebisnis mengenai kevalidan suatu perusahaan penyedia jasa penggalangan tersebut. Pendapat dari pebisnis tersebut tentu mampu membantu Anda untuk memilih perusahaan mana yang paling terpercaya dan mana yang harus dihindari.

 

3.Riwayat Usaha Pengguna yang Aman

Hal terakhir yang bisa Anda ketahui yaitu perusahaan tersebut memiliki riwayat usaha yang aman. Anda dapat memperhatikan kondisi usaha dari mantan klien yang sebelumnya menggunakan jasa perusahaan tersebut. Apabila usaha bisnis mereka masih berjalan lancar, tandanya penggalangan dana yang dilakukan sebelumnya tentu sudah berhasil.

Ada banyak jenis crowdfunding Indonesia yang memikat, namun tidak semuanya menawarkan jaminan tingkat tinggi. Untuk itu, Anda bisa memilih Amartha sebagai salah satu perusahaan yang paling direkomendasikan ketika Anda sedang ingin mencari modal usaha.