Pada hari pernikahan, tentu segala sesuatunya sudah direncanakan dengan matang sehingga akan tercipta momen terbaik yang akan tercetak pada hari itu. Cincin kawin adalah suatu elemen yang sangat penting pada saat pertunangan dan pernikahan. Momen sakral pertukaran cincin yang disaksikan kerabat dan sanak saudara tentu harus dipersiapkan dengan baik. Dewasa ini cincin kawin berlian menarik minat dan menjadi pilihan generasi milenial yang dijadikan perhiasan primadona saat pernikahan. Namun, masih banyak generasi milenial yang kebingungan mengenai bagaimana cara memilih cincin berlian untuk momen terbaik mereka. Ayo simak tips di bawah ini untuk memilih cincin berlian :

Tentukan logam dasar cincin kawin

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah penentuan logam dasar untuk cincin kawin kalian nanti. Banyak pilihan logam dasar sebagai bahan pertimbangan kalian, misalnya emas, platinum, palladium, perak atau titanium. Emas pun memiliki banyak jenis, misal emas putih, emas kuning dan rose gold. Dari berbagai pilihan di atas, kalian dapat menyesuaikan mana yang paling cocok dengan selera Anda dan pasangan.

Tentukan Kombinasi Permata Lain

Ingin tampil cantik di hari istimewa, tidak ada salahnya Anda mencoba kombinasi cincin kawin dengan material lain sehingga tampil lebih menawan. Misalnya kombinasi berlian dengan metal atau kombinasi berlian dengan ruby atau safir.

Perhatikan Standar 4C

Untuk memilih cincin berlian, Anda harus memberi perhatian khusus pada standar 4C yaitu color, cut, clarity dan carat weight.

Color yaitu perhatikan warna berlian yang ingin Anda beli, banyak pilihan warna berlian yang disediakan. Tingkatan warna berlian normal dari warna putih hingga warna kuning menyala. Warna adalah salah satu faktor utama yang menentukan harga dan keindahan berlian.

Cut adalah kesesuaian potongan berlian. Potongan yang tidak tepat dapat mempengaruhi kecantikan berlian, misalnya warna berlian tampak tidak jernih, tidak cemerlang dan cenderung kusam.

Clarity adalah standar kejernihan suatu berlian. Kilau dan kejernihan berlian sangat perlu Anda perhatikan, semakin jernih berlian itu, maka semakin cantik pula kilau yang dihasilkan.

Carat Weight adalah standar berat sebuah berlian atau batu perhiasan lainnya. 1 carat setara dengan 0.2 gram atau bernilai sekitar 0.007 ons.

Kondisi Cahaya Berlian

Salah satu cara untuk menentukan kualitas berlian bisa dengan cara mengecek kondisi pencahayaan berlian. Pencahayaan berlian yang dimaksud adalah kemampuan suatu berlian dalam membiaskan serta memantulkan cahaya. Ada setidaknya 4 performa dalam pencahayaan berlian yaitu fire, sparkle, brilliance dan symmetry.

Mengetahui Cara Perawatan Cincin Berlian

Menentukan membeli cincin berlian sebagai perhiasan pernikahan, tentu juga harus berpikir tentang bagaimana perawatannya kelak agar cincin pernikahan selalu tampil mempesona, elegan dan menawan. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat berlian agar tetap cantik dalam jangka waktu lama.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah rajin membersihkan berlian dengan pembersih khusus untuk batu berharga tersebut. Hindarkan berlian dari bahan yang dapat merusaknya, misalnya klorin dan bahan-bahan kimia yang ada di sekitar Anda, misalnya parfum, kosmetik, skincare dan lain lain.

Membeli di Toko Resmi yang Terpercaya

Pastikan Anda membeli perhiasan kesayangan Anda di toko terpercaya, misalnya toko resmi perhiasan The Palace yang sudah tersebar secara offline. Anda juga bisa membeli cincin berlian secara online, brand ini sudah memiliki toko resmi yang bisa Anda dapatkan di Shopee, Tokopedia dan BliBli.

Apakah Anda tergiur dengan kemegahan cincin berlian? Tidak perlu ragu lagi, Anda bisa mendapatkan cincin kawin berlian untuk Anda dan pasangan di gerai The Palace. Segera kunjungi situs resminya yaitu thepalacejeweler.com, ayo penuhi koleksi perhiasan bersama The Palace!